Selamat datang diblog sederhana saya

Tuesday, 14 October 2014

Contoh Proposal pembuatan Usaha KWU




 Proposal Pembuatan Usaha



Di Susun oleh :

  • Dodi Krissandi
Kelas :
XII PM 2

Angkatan Tahun 2015 



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika  membeli makanan.
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu, Udang banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan, dimana dari segi rasa, Udang menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, Udang mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Berdasarkan fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kami mendirikan usaha jualan Udang Lobster Crispy, dimana dari segi rasa memenuhi rasa enak, dari segi gizi Udang Lobster Crispy sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein dll. Dari segi harga roti bakar terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

1.2              Visi
-          Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
-          Menjadi salah satu usaha kuliner tersukses di Jakarta, bahkan Indonesia.
-          Menjadi produsen roti bakar nomor 1 di Indonesia.


1.3         Misi
-          Terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik.
-          Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
-          Memberikan pelayanan yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
-          Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yg memukau.


1.4       Tujuan Usaha
Menjadi salah satu usaha kuliner yang sukses di Tasikmlaya dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka banyak cabang di Indonesia dan menampung banyak karyawan.




BAB 2
RINGKASAN BISNIS

2.1      Profil Usaha

Nama Usaha    : Udang Lobster Crispy
Jenis Usaha     : Kuliner
Alamat Usaha : Jalan Raya Jamanis-Ciawi No.02, Tasikmalaya
Telepon           : 08978140012

2.2       Gambaran Awal Usaha
Usaha ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan meminjam dana dari Bank sebagai tambahan awal modal kami dalam mendirikan usaha ini. Selanjutnya saya akan menyewa tempat sebagai lokasi usaha saya dan membuat surat izin usahanya.































BAB 3
 PRODUK

3.1       Gambaran Produk
Produk Udang Lobster Crispy berbeda dari masakan udang yang lainnya. Saya mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan menu Udang Lobster. Saya tidak hanya menjual Udang Lobster pada umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni Udang Lobster Crispy dan Udang Lobster Bakar. Tidak hanya menjual Udang Lobster, saya juga menjual aneka minuman seperti aneka macam jus buah, sirup, bebagai jenis kopi, maupun ice cream. Saya harap dengan ide dan inovasi saya dalam menjual Udang Lobster, dapat menarik para pembeli sehingga dapat meningkatkan omset penjualan saya.

3.2    Gambaran Persaingan
Untuk saat ini saya mempunyai sedikit pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan
Udang Lobster Crispy saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli produk mereka.

3.3    Gambaran Penjualan
Dalam pelaksanaannya nanti, saya akan menjual Udang Lobster Crispy ditempat yang strategis, yakni di Jalan Raya Ciawi No.11 Tasikmalaya  yang merupakan salah satu tempat yang strategis di Tasikmalaya. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan saya agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan Udang Lobster Crispy saya dapat berjalan dengan sukses.



















BAB 4
ANALISIS SWOT

4.1       Strenght (Kekuatan)
Ø  Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha Udang Lobster yang lainnya yaitu Udang Lobster Crispy dan Udang Lobster Bakar.
Ø  Tempatnya strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
Ø  Rasanya sangat enak.
Ø  Harganya cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
Ø  bahan yang digunakan untuk Udang Lobster Crispy berasal dari alam bahan segar dan tanpa pengawet karena dibuat sendiri.

4.2       Weakness (Kelemahan)
·         Tidak cocok bagi orang yang tidak suka Udang.
·         Belum mempunyai cabang.
·         Kurang modal untuk memulai usaha.
·         Bahan baku tidak sangat jarang.

4.3       Opportunity (Peluang)
Ø  Digemari sebagian besar masyarakat.
Ø  Ciri khas menu yaitu Udang Lobster Crispy menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
Ø  Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.
Ø  Budaya masyarakat yang konsumtif.

4.4       Threat (Ancaman)
·         Banyak saingan diluar sana.
·         Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga Udang Lobster Crispy yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
·         Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).











BAB 5
PERENCANAAN KEUANGAN

Total biaya pembangunan usaha Toko Roti Bakar tersebut sebesar Rp 17.750.000,- dengan rincian sebagai berikut =

5.1         Biaya Tetap (Fixed Cost)
-Kursi, meja, lemari                                         Rp    5.000.000,-
-Pemanggang Makan 4 unit                             Rp       750.000,-
-Kompor gas 3 unit                                          Rp    1.200.000,-
-Peralatan memasak lainnya                            Rp    2.500.000,-
-Peralatan makan-minum                                 Rp    2.500.000,-
-Kulkas Udang                                                 Rp    1.500.000,-
-Listril, air, dll                                                  Rp       200.000,-
-Pembuatan banner, stiker daftar harga           Rp         50.000,-
Total                                                                Rp 13.700.000,-

5.2       Biaya Variabel (Variable Cost) per Bulan
-Udang                                                 Rp    2.000.000,-
-Aneka Macam Bumbu Rasa               Rp       500.000,-
-Mentega/margarin                              Rp       200.000,-
-Aneka macam buah                            Rp       300.000,-
-Gas                                                     Rp       200.000,-
-Bungkus nasi, sedotan, dll                 Rp       100.000,-
Total                                                    Rp   3.300.000,-

5.3       Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 13.700.000,- + Rp 3.300.000,-
TC = Rp 17.000.000,-

5.4       Daftar Harga
-Harga Udang Lobster Crispy            = Rp    25.000,-
-Harga Udang Lobster bakar              = Rp    25.000,-
-Harga Udang Lobster BBQ              = Rp    25.000,-
-Harga Udang Lobster Gulai              = Rp    25.000,-
-Harga Udang Lobster Rendang        = Rp    25.000,-
-Harga Jus Buah                                  = Rp    10.000,-
-Harga Es Buah                                   = Rp    10.000,-
-Harga Es Krim                                   = Rp    10.000,-



5.5       Pendapatan
Target penjualan roti bakar per hari adalah 30 porsi. Waktu berjualan Senin-Minggu. Atau dalam sebulan menjual 600 porsi.
Pendapatan Harian      = Rp 25.000,- x 30       = Rp    750.000,-
Pendapatan Bulanan   = Rp 750.000,- x 29     = Rp 21.750.000,-

5.6       Penghitungan Harga
Harga Pokok/Biaya Variabel                                                  =  Rp 3.300.000,-
Hpp per Porsi                          = Rp 3.300.000,- / 600           =  Rp 5.500
Laba yang diinginkan             = Rp 25.000.- ─ Rp 5.500,-    =  Rp 19.500,-

SUMBER DANA INVESTASI
Kebutuhan dana dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan dana pinjaman dari bank, yaitu:
Modal sendiri  : Rp    9.000.000,00    (50%)
Kredit Bank    : Rp    8.000.000,00    (50%)
Total                 Rp  17.000.000,00 (100%)
























BAB 6
PENUTUP


A.  Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa Udang Lobster Crispy yang kami buat. Karena apabila kualitas Udang Lobster Crispy  kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.


B. Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

1 comment:

  1. terima kasih, proposal yang dibuat membantu sekali sebagai contoh bahan ajar pwmbuatan proposal pkwu siswa/i

    ReplyDelete

Silahkan Kometar / masukannya Sobat...