Proposal Pembuatan Usaha
Di Susun oleh :
- Dodi Krissandi
Kelas :
XII PM 2
Angkatan Tahun 2015
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan
perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam
memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan
teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika membeli makanan.
Zaman dulu orang
membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama
bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi
prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan
gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi
akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah
memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian
memikirkan harga. Oleh karena itu, Udang banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan,
dimana dari segi rasa, Udang menawarkan cukup
banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan
gizi manusia, dari segi harga, Udang mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Berdasarkan fenomena
diatas maka sangat cocok dan potensial bila kami mendirikan usaha jualan Udang Lobster Crispy, dimana dari segi
rasa memenuhi rasa enak, dari segi gizi Udang Lobster Crispy sesuai dengan apa
yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein dll. Dari
segi harga roti bakar terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
1.2
Visi
-
Memperoleh keuntungan
yang sebesar-besarnya.
-
Menjadi salah satu
usaha kuliner tersukses di Jakarta, bahkan Indonesia.
-
Menjadi produsen roti
bakar nomor 1 di Indonesia.
1.3 Misi
-
Terus berinovasi dalam
menciptakan menu-menu yang unik dan menarik.
-
Menciptakan ide-ide
kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
-
Memberikan pelayanan
yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
-
Menjual produk dengan
harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yg memukau.
1.4 Tujuan
Usaha
Menjadi salah satu
usaha kuliner yang sukses di Tasikmlaya dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka banyak cabang
di Indonesia dan menampung banyak karyawan.
BAB 2
RINGKASAN BISNIS
2.1 Profil
Usaha
Nama Usaha : Udang Lobster Crispy
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat Usaha : Jalan Raya Jamanis-Ciawi No.02, Tasikmalaya
Telepon
: 08978140012
2.2
Gambaran Awal Usaha
Usaha ini merupakan usaha
saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan meminjam dana dari Bank sebagai
tambahan awal modal kami dalam mendirikan usaha ini. Selanjutnya saya akan
menyewa tempat sebagai lokasi usaha saya dan membuat surat izin usahanya.
BAB 3
PRODUK
3.1
Gambaran Produk
Produk Udang Lobster Crispy berbeda dari masakan udang yang lainnya. Saya
mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan menu Udang Lobster. Saya tidak hanya
menjual Udang
Lobster pada umumnya, tetapi
saya juga mempunyai menu spesial yakni Udang Lobster
Crispy dan Udang Lobster Bakar. Tidak hanya menjual Udang Lobster, saya juga menjual
aneka minuman seperti aneka macam jus buah, sirup, bebagai jenis kopi, maupun
ice cream. Saya harap dengan ide dan inovasi saya dalam menjual Udang Lobster, dapat menarik para
pembeli sehingga dapat meningkatkan omset penjualan saya.
3.2
Gambaran Persaingan
Untuk saat ini saya mempunyai sedikit pesaing. Pengaruh
pesaing terhadap
penjualan Udang Lobster Crispy saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli produk mereka.
penjualan Udang Lobster Crispy saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli produk mereka.
3.3 Gambaran
Penjualan
Dalam pelaksanaannya
nanti, saya akan menjual Udang
Lobster Crispy ditempat yang strategis,
yakni di Jalan
Raya Ciawi No.11 Tasikmalaya yang merupakan salah satu tempat yang
strategis di Tasikmalaya. Tentu dalam
penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam
menarik calon pembeli. Besar harapan saya agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan
Udang
Lobster Crispy saya dapat berjalan
dengan sukses.
BAB 4
ANALISIS SWOT
4.1 Strenght
(Kekuatan)
Ø Mempunyai ciri khas
menu yang berbeda dengan usaha Udang Lobster yang lainnya yaitu Udang Lobster Crispy dan Udang
Lobster Bakar.
Ø Tempatnya strategis
dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
Ø Rasanya
sangat enak.
Ø Harganya cukup murah
,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
Ø bahan yang digunakan untuk Udang Lobster Crispy berasal dari alam bahan segar dan tanpa pengawet karena dibuat
sendiri.
4.2 Weakness (Kelemahan)
·
Tidak cocok bagi orang
yang tidak suka Udang.
·
Belum mempunyai
cabang.
·
Kurang modal untuk
memulai usaha.
·
Bahan baku tidak sangat jarang.
4.3 Opportunity (Peluang)
Ø Digemari sebagian
besar masyarakat.
Ø Ciri khas menu
yaitu Udang
Lobster Crispy menjadikan usaha
ini sangat menjanjikan.
Ø Cabang yang semakin
banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.
Ø Budaya masyarakat yang
konsumtif.
4.4 Threat (Ancaman)
·
Banyak saingan diluar
sana.
·
Harga bahan baku yang
sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga Udang Lobster Crispy yang mungkin dapat
mengurangi pembeli.
·
Bila hujan turun maka
orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).
BAB 5
PERENCANAAN KEUANGAN
Total biaya
pembangunan usaha Toko Roti Bakar tersebut sebesar Rp 17.750.000,-
dengan rincian sebagai berikut =
5.1
Biaya Tetap (Fixed Cost)
-Kursi, meja,
lemari
Rp 5.000.000,-
-Pemanggang Makan
4 unit
Rp 750.000,-
-Kompor gas 3
unit
Rp 1.200.000,-
-Peralatan memasak
lainnya
Rp 2.500.000,-
-Peralatan makan-minum
Rp 2.500.000,-
-Kulkas
Udang
Rp 1.500.000,-
-Listril, air,
dll
Rp 200.000,-
-Pembuatan banner, stiker daftar harga
Rp 50.000,-
Total
Rp 13.700.000,-
5.2 Biaya Variabel (Variable Cost) per Bulan
-Udang
Rp 2.000.000,-
-Aneka Macam Bumbu Rasa
Rp 500.000,-
-Mentega/margarin
Rp 200.000,-
-Aneka macam
buah
Rp 300.000,-
-Gas
Rp 200.000,-
-Bungkus
nasi, sedotan, dll Rp 100.000,-
Total Rp 3.300.000,-
5.3 Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 13.700.000,- + Rp 3.300.000,-
TC = Rp 17.000.000,-
5.4 Daftar Harga
-Harga Udang
Lobster Crispy
= Rp 25.000,-
-Harga Udang
Lobster bakar
= Rp 25.000,-
-Harga Udang
Lobster BBQ
= Rp 25.000,-
-Harga Udang
Lobster Gulai
= Rp 25.000,-
-Harga Udang
Lobster Rendang
= Rp 25.000,-
-Harga Jus
Buah
= Rp 10.000,-
-Harga Es
Buah
= Rp 10.000,-
-Harga Es
Krim
= Rp 10.000,-
5.5 Pendapatan
Target penjualan roti bakar per hari adalah 30 porsi. Waktu
berjualan Senin-Minggu. Atau dalam sebulan menjual 600 porsi.
Pendapatan Harian = Rp 25.000,- x
30 = Rp 750.000,-
Pendapatan Bulanan = Rp 750.000,- x 29 = Rp 21.750.000,-
5.6 Penghitungan Harga
Harga Pokok/Biaya Variabel
= Rp 3.300.000,-
Hpp per
Porsi
= Rp 3.300.000,- / 600
= Rp 5.500
Laba yang
diinginkan
= Rp 25.000.- ─ Rp 5.500,- = Rp 19.500,-
SUMBER DANA INVESTASI
Kebutuhan
dana dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan dana pinjaman
dari bank, yaitu:
Modal sendiri :
Rp 9.000.000,00 (50%)
Kredit
Bank : Rp 8.000.000,00 (50%)
Total
Rp 17.000.000,00 (100%)
BAB 6
PENUTUP
A. Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, kami
tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus
mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen
puas atas pelayanan dan citarasa Udang Lobster Crispy yang kami buat.
Karena apabila kualitas Udang Lobster Crispy kami
tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam
bangkrut.
B. Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang
dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan
terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas
dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan
langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan
dan mengembangkan usaha ini.
terima kasih, proposal yang dibuat membantu sekali sebagai contoh bahan ajar pwmbuatan proposal pkwu siswa/i
ReplyDelete